Review Novel Herlequin : Kejutan Di Kencan Buta : Jessica Hart

Judul : The Blind-Date Proposal (Kejutan Di Kencan Buta)

Penulis : Jessica Hart

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun : 2017

Blurb :

Di mata Finn McBride, Kate adalah sekretaris yang ceroboh dan tidak dapat diandalkan. Kate selalu datang terlambat, dan menghabiskan waktunya di kantor untuk menganggu orang lain atau bergosip di telepon. Namun ternyata justru wanita itulah yang dianggap cocok oleh teman-temannya untuk menjadi ibu tiri anaknya!

Di mata Kate Savage, Finn adalah bos yang mengerikan, pria itu kaku, pemurung dan selalu bersikap kasar. Betapa terkejutnya Kate ketika ternyata teman-temannya menjodohkannya dengan pria itu melalui kencan buta.

Namu ketika Finn meminta Kate berpura-pura menjadi tunangannya untuk mengelabui kakaknya, Kate tidak bisa menolak. Hingga akhirnya Kate menyadari perasaan cintanya pada pria itu bukan sekadar sandiwara.

Haruskah Kate mengatakan perasaanya yang sesungguhnya?

Sangupkah Kate tetap meneruskan sandiwara pertunangan itu?

📚

📚

📚

📚

Aku suka ceritanya, penulis mengambarkan sifat Finn dan Kate dengan begitu baik. Terhanyut dalam cerita sudah pasti.

Aku suka Kate, meski dia ceroboh tapi dia sangat-sangat-sangat sayang binatang. Bukan cuman satu jenis binatang yang dia sayang, tapi semua. Bahkan dia rela telat masuk kantor demi menyelamatkan seekor anjing lucu.

Konflik cerita, meski nggak berat tapi bagus. Sebuah kejujuran.

Kejujuran memang mahal harganya, Kate yang nggak jujur akan perasaan cintanya sama Finn. Dan Finn yang kaku, dan terkesan menjauh tapi mau.

Review Novel Moonkong : Patisserie, Hotel and You

Judul : Patisserie, Hotel, and You!
Penulis : Moonkong
Penerbit :Grasindo
Tahun : Juli 2018
ISBN :978-602-050-491-9
Rank : 3🌟

Sinopsis

Menjadi seorang patisserie bersama tim kerja yang kompak dan seru, membuat hidup Puspa terasa sempurna. Namun, kesempurnaan itu mendadak kacau ketika dua pria dari masa lalunya datang.

Ardhian-seorang executive head chef-yang bermulut pedas datang merusak kebahagian Puspa. Dan, Puspa pun dibuat kalang kabut akan kemunculan Segara-sosok pria dengan senyum sehangat sinar matahari pagi, tetapi menyimpan kemisteriusan sendiri.

Saat hidup Puspa mulai berantakan, dua pria itu mengulurkan bantuan. Namun, pada siapakah Puspa meminta pertolongan?

📚📚

Cerita ini tuh tentang Puspa, anak bontot di kitchen yang kembali bertemu dengan lelaki masa lalunya-Ardhian. Tentang Puspa dan masa Lalunya yang menyakitkan. Tentang Puspa dan kumpulan teman-teman kocak yang bikin aku ngakak. Dan Tentang Puspa yang kebingungan saat ada dua lelaki menawarkan diri padanya. Dua lelaki dari masa lalu yang sama-sama menyakitkan dan membuat kesal.

Sifat Puspa ini kocak banget, apalagi kalau dia lagi bercakap-cakap sama temen-temen kerjanya. Bawaan aku pingin ngakak aja.

Dan Ardhian-Executive Head Chef baru di hotel tempat Puspa kerja. Lelaki kelewatan jujur dan jatuhnya jadi kejam. Terlalu jujur sampe-sampe perkataanya bisa nyakiti semua orang yang mendengar. Ardhian kalau lagi marah nggak pernah ketingalan sebut Otak dan Dengkul. Terkadang bikin ngakak dan terkadang juga bikin geleng kepala. Makan hati kayenya Puspa kalau milih cowok model Ardhian ini.

Ada juga Segara, cowok cakep bak oppa korea punya senyum manis dan baik hati, tapi juga suka matahin hati cewek-cewek ini terang-terangan deketin Puspa.

Lalu siapa yang Puspa pilih?
Ardhian-Gara?
Gara- Ardhian?

📚📚

Pertama kali selesai baca cerita Kak Moonkong, setelah berkali-kali nyoba di wattpad dan nyerah. Dan aku Happy banget.

Aku suka Novelnya, walaupun ya awal-awal aku usaha banget buat paham sama kerjaan Puspa dan seluk beluknya. Meski sampe sekarang belum paham juga.

Entah aku yang bodoh atau apa, tapi aku merasa sangat sulit sama penjelasan penulis tentang yang aku katakan di atas dan seluk beluk karyawan di hotel. Bikin bingung, dan bertanya-tanya apa penulis pernah kerja di hotel? Ternyata benar, setelah menyelesaikan baca ini.

Ceritanya menarik, selain baru pertama kali baca karya kakak penulis aku juga baru pertama kali baca cerita tentang anak patisserie.

Kekuranganya apa ya, mungkin karena kaku di awal aja atau bisa saja perasaan ini hanya aku yang merasakan, jadi lewatin aja yang itu. Ada juga, tapi ini antara iya dan tidak di bagian bab-bab awal ada yang aneh kalau di hubungkan sama bagian-bagian akhir. Dan satu lagi, ada di bagian awal yang mengulangi penjelasan, padahal baru beberapa halaman di lewati dari penjelasan yang sama. Untuk mencari apa aja yang aku sebutlan di bagian ini, kain bisa baca sendiri ya. Selebihnya oke, aku suka.

Novel ini Recomend loh, nggak berat, cocok banget sama pembaca yang suka bacaan ringan dan nggak bikin pusing kepala. Gokil juga, bikin yang baca banyak ketawa. Cover juga cantik banget.

Review Novel Lynn Raye Harris : Cinta Untuk Anna

Penulis : Lynn Raye Harris
Judul : Cinta Untuk Anna
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN :987-602-03-1100-5
Tahun :2014
Halaman : 232
Rank : 3,4 dari 5🌟

Sinopsis
Bagi Anna Constantinides, dipermalukan tunanganya yang mendadak mengumumkan pertunangan dengan wanita lain sudah sangat buruk. Akan tetapi, lerlambat menyadari keterlibatanya dengan Leo Jackson, pemilik Leonidas Group yang terkenal plaboy, justru lebih buruk. Apalagi setelah pesawat pribadi yang mereka tumpangi mendarat darurat di sebuah pulau tak berpenghuni dan mereka terpaksa menghabiskan waktu berdua.

Segala bertambah kacau ketika ia mendapati dirinya mengandung anak Leo. Di satu sisi Anna ingin memberitahu pria itu tentang kehamilanya demi melindungi masa depan si bayi, namun di siai lain ia telah memutuskan untuk tak menemui pria itu lagi.
Di tengah kebimbanganya, akhirnya Anna pun membuat keputusan.

📚

📚

📚

Yuhuuu aku kembali dengan novel terjemahan. Dilihat dari sinopsis emang bikin penasaran kan.

Dan yepp Novel ini emang bikin penasaran dan aku suka cara penulis mengarbarkan hubungan Anna dan Leo.

Anna, calon Ratu yang di campakan karna tunanganya memilih bertunangan dengan gadis lain. Dia bertemu dengan Leo di pesta pertungan mantan yang terpaksa dia hadiri demi ibunya yang sahabat baik dengan Ratu.

Leo lelaki kaya yang terkenal plaboy, menyukai wanita-wanita lalu mencapaknya begitu saja. Dia begitu tertantang untuk mendapatkan Anna.

Anna tidak menyukai Leo-awalnya apalagi Leo kakak dari wanita yang merebut mantan tunanganya.

Tapi karna suatu hal, Anna akhirnya mau menemani Leo mengunjungi sebuah pulau. Belum sampai ke tempat tujuan mereka malah terdampar berdua di pulau tak berpenghuni.

Leo yang mengoda dan Anna yang tak tahan godaan menyerahkan diri selama mereka di pulau dan bencana datang saat mereka berdua berpisah sekembalinya dari pulau.

Anna hamil anak Leo, tapi dia bimbang antara memberi tahu atau menyimpanya seorang diri. Pers sudah terlalu sering memberitakannya sejak pertunanganya putus dengan calon raja. Anna bosan dan tidak mau menjadi santapan Pers kembali. Memberi tahu Leo juga bukan pilihan baik karna Anna sudah menolak lelaki itu. Lalu keputusan apa yang akan Anna ambil?

📚

📚

📚

📚

Novel ini termasuk dalam series The Santina Crown. Dan menjadi Novel kedua dari series tersebut yang aku baca setelah beberapa minggu lalu sempet baca “Menantang Sang Pangeran” dari Sarah Morgan.

Novel ini asik, tapi bahasanya terlalu prontal. Nggak cocok buat anak di bawah umur ya, karna ini novel dewasa.

Recomend sih, buat yang suka herlequin terjemahan dan dewasa.

Udah segitu aja yang mau aku bagi, see di novel selanjutnya.

Review Novel Dwipatra : TwinWar

Judul : TwinWar
Penulis : Dwipatra
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN :978-602-03-7679-0
Tahun :2017
Halaman : 296.; 20cm
Rank : 4,8 dari 5 🌟

Sinopsis :

Gara dan Hisa kembar identik. Penampilan kedua cowok itu persis sama. Kerenya pun sama. Tapi minat dan kemampuan? Beda jauh! Gara berotak encer dan kemampuan akademiknya gemilang. Sementara itu, Hisa jago olahraga dan sederet trofi kejuruan berhasil ia raih. Walaupun bersekolah di SMA berbeda, persaingan mereka tak pernah surut.

Dalam keluarga mereka, ada satu aturan yang tidak boleh mereka langgar. “Gara dan Hisa tidak boleh pacaran sebelum mereka lulus SMA dan di terima di perguruan tinggi.” Kalau sampai aturan itu di langgar, konsekuensi yang akan mereka terima tidak main-main.

Kisah ini bermula ketika Hisa mengetahui ada foto cewek di hadphone Gara. Ya, diam-diam Gara memang berpacaran dengan Dinar. Mendapati rahasia Gara, Hisa seolah mendapat senjata ampuh untuk “menghancurkan” saudara kembarnya.

Jadi, siapa bilang saudara kembar nggak bisa perang?

Novel ini di mulai dari Hisa yang memasuki kamar Gara setelah sekian lama tak dia kunjungi meskipun kamar keduanya hanya di pisah dinding. Hisa yang mengetahui hubungan Gara dan seorang Gadis yang merupakan kekasih Gara, tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Hisa meminta Gara mengantikanya ulangan dan try out di sekolah jika tidak ingin rahasianya terbongkar dan bisa membuat Gara terkena hukuman.

Tentu saja awalnya Gara menolak, tapi begitu mendengar ancama Hisa, mau tak mau Gara menyetujui dari pada dia harus mendapat hukuman dari orang tua.

Hisa dan Gara meski kembar identik, mereka berdua memiliki sifat yang jauh berbeda. Gara yang suka ketenangan dan Hisa yang suka keributan salah satu contoh perbedaan mereka.

📚📚📚📚

Novel yang menarik, persaingan dua anak kembar yang dulunya sangat dekat. Namun karna suatu hal menjadi saling memusuhi.

Banyak kejadian lucu dan konyol yang terjadi saat mereka bertukar tempat atau saat mereka sedang berada di rumah.

Di mulai dari Gara yang kesal dan memutus senar Gitar Hisa sampai Hisa yang mengunting tali headphone Gara di depan mata Gara sendiri.

Nggak ada bosenya baca ini, ceritanya mengalir dan tahu-tahu saja sudah selesai. Banyak banget pelajaran tentang keluarga, saudara, sahabat dan cinta.

Aku begitu terhayut dengan persaingan yang terjadi antara Hisa dan Gara, sampai nggak rela rasanya harus selesai.

Dan Novel ini recomend banget buat di baca sama anak remaja, dewasa dan orang tua, apalagi yang punya sudara baik kembar ataupun tidak. Baik lelaki ataupun perempuan.

Ada sedih, ada haru dan ada bahagia setiap masa kecil Gara dan Hisa di ceritakan.

Dan aku juga bertanya-tanya kenapa Gara dan Hisa bisa saling bermusuhan?

Kenapa Orang Tua Hisa dan Gara melarang mereka pacaran?

Dan alasan di balik permusuhan Hisa-Gara dan pelarangan orang Tua mereka membuat aku sedih dan juga terkejut.

Apa kalian penasaran, kenapa Hisa dan Gara saling bermusuhan? Atau apa kalian ingin tahu di balik larangan pacaran yang di berika Orang tua mereka?

Semua jawaban itu akan di dapatkan setelah kalian menyelesaikan bacaan menyenangkan ini. So ayo cepat di cari Novelnya dan nikmati sensasi bacanya.

Oke. Sampai disini saja, sampai ketemu di buku selanjutnya.

Satu lagi sebelum ketingalan, aku berharap banget suatu hari ada produser yang baca ini dan tertarik buat film TwinWar ini. Ceritanya itu loh, asik bener.

Review Novel Vevina Aisyahra : A Sweet Mistake

Judul : A Sweet Mistake
Penulis : Vevina Aisyahra
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-7834-3
Tahun : 2017
Halaman : 248. ; 20 cm
Cover : Sukutangan
Rank : 4,3🌟

Sinopsis

Bagi Liona, Rey adalah mahasiswa abadi yang selalu sintimen pedanya, cowok yang tidak punya masa depan, Rey hanya beruntung karena memiliki keluarga kaya san bisa mencukupi kebutuhan hidup tanpa repot-repot bekerja. Tapu anehnya, cowok itu mampu membuat sahabat Liona tergila-gila. Apa bagusnya sih?

Sementara bagi Rey, Liona adalah tetangga pembawa sial. Gadis tanpa expresi yang sok cool dan menyebalkan. Tapi anehnya pula, teman-teman Rey malah menyukai cewej muka papan it. Dimana menariknya coba?

Suatu hari Rey mendapat ide cemerlang untuk mengerjai Liona. Rencana itu dianggapnya akan menjadi tebusan paling manis atas rasa tidak sukanya selama ini. Dan Liona berhasil masuk ke dalam perangkap yang di buat Rey.

Namun, benang takdir ternyata punya rencana lain. Tak hanya Liona, tapi Rey juga terperangkap. Tak bisa menolak.

Akankah hal tersebut membawa keduanya pada akhir yang bahagia? Atau malah menjadi kehancuran bagi keduanya?

Lihat dari sinopsis aja udah pada penasaran kan?

Kelihatannya seru juga.

Dan ya. Novel ini memang seru, aku sampe nggak bisa berhenti baca meski udah malem banget.

Liona dan Rey bertetangga sejak kecil, saling musuh juga dari kecil. Liona yang pendiam dan sulit ber expresi membuat Rey kesal, berbagai cara sedari kecil dia lakukan agar bisa melihat Expresi Liona, tapi tak pernah berhasil. Itulah sebabnya Rey mangil Liona muka papan, sok cool dan banyak lagi.

Lucu, kalau biasanya Novel yang aku baca yang cowok yang kaye gini tapi ini yang cewek.

Lalu sanking tak sukanya Rey pada Liona. Dia sampai berniat melakukan sesuatu yang pasti bakal membuat Liona sangat terkejut. Dengan tekad membalas Liona, Rey melakukan rencananya dan berhasil, sayangnya hanya beberapa detik karna di detik berikutnya Rey ikut terjebak dengan situasi yang di buatnya sendiri.

Rey binggung, dia takut dan cemas. Lalu dengan bodohnya dia kembali membuat kesalahan. Bahkan kali ini lebih patal dari sebelumnya.

Kesalahan apa yang Rey lakukan? Dan apakah dia bisa keluar dari semua ke runyaman yang telah dia lakukan?

Semua pertanyaan itu ada jawabanya dalam Novel ini. Baca lengkap dan rasakan sensasi kocaknya, sedihnya dan juga manisnya.

Uhhh Rey ini meski mulutnya sadis tapi sekalinya manis, dia bisa bikin klepek-klepek walaupun bakal kesel lagi lihatnya.

Aku suka cara interaksi Liona dan Rey, alami banget, aku sampe terhayut. Ceritanya juga asik banget, mengalir tanpa ada hambatan. Covernya kurang menarik emang, tapi ceritanya beehh aku recomend banget buat yang suka cerita manis, lucu dan minim konflik seperti ini.

Liona, ternyata dia tak sependiam yang Rey pikirkan. Liona bisa sangat cerewet di saat-saat tertentu dan bisa juga sadis. Ada beban berat yang di pikul Liona selama ini. Dia menangung semua kebencian sang Ayah tanpa tahu apa sebabnya.

Lalu sampai kapan kebencian itu terus memisahkan mereka?

Apa akhirnya Liona akan tahu apa yang membuat Ayah sangat membecinya?

Tahu tidak, konflik tentang percintaan memang menarik apalagi jika di bumbui dengan persahabatan. Tapi konflik tentang Percintaan, keluarga dan persahabatan jika di gabungkan akan menjadi sesuatu yang luar biasa indah dan mengenang. Dan aku menemukanya disini. Di Novel A Sweet Mistake ini.

Jadi sekali lagi, aku rekomendasikan bacaan ini. Selamat mencoba dan sampai jumpa di buku selanjutnya

Review Novel Silvarani : Ada Apa Dengam Cinta?

Judul : Ada Apa Dengan Cinta
Penulis Novel : Silvarani
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-2645-0
Tahun : 2016
Rank : 3,5🌟
Halaman : 192. ; 20 cm

Sinopsis

Apa lagi yang kurang dalam hidup Cinta? Ia punya keluarga yang bahagia, popularitas di sekolah, banyak pengangum, dan yang paling penting, ia punya sahabat-sahabatnya, Alya, Maura, Milly, dan Karmen membuat hari-harinya selalu bewarna. Mereka adalah pusat dunia Cinta.

Sampai suatu hari, ia berkenalan dengan Rangga, cowok jutek dan penyendiri yang lebih suka berteman dengan buku daripada manusia. Ternyata mereka sama-sama mentukai puisi, minat yang tak bisa Cinta bagi dengan keempat sahabatnya. Dan perlahan hal itu membawa perubahan pada dirinya, membuat orang di sekitarnya bertanya-tanya, ada apa dengan Cinta?

Ketika Cinta sendiri pun ikut mempertanyakan dirinya dan persahabatanya menjadi taruhan, apa yang sebaiknya ia lakukan?

Novel ini bercerita tentang Cinta, seorang siswi populer yang banyak di sukai baik itu oleh para kaum cowok ataupun cewek di sekolah.

Sesuai sinopsis, Cinta memiliki empat sahabat dekat. Kemana-mana mereka bersama, berangkat bersama, pulang bersama, makan siang bersama.

Lalu suatu Hari Cinta di pertemukan dengan Rangga, pemenang puisi yang di selengarakan tiap tahunya oleh sekolah. Cinta yang anak mading, harus mewawancarai Rangga. Namun, Rangga menolak dan perdebatan terjadi. Cinta benci Rangga, Cinta tak menyukai Rangga, Cinta kesal melihat ke sok an Rangga. Pokoknya Cinta tak suka melihat Rangga.

Apa kebencian Cinta bisa menghilang?

Dan apa kenapa persahabatanya bisa di pertaruhkan juga?

Novel ini adaptasi dari film Ada Apa Dengan Cinta?

Tahu kan Filmya. Film Ada Apa Dengan Cinta, pernah jadi film paling populer pada masanya. Dan aku baru nonton filmnya beberapa tahun kemudian. Hehehe maklum dulu masih kecil waktu film ini pertama kali di buat.

Dan yess akhirnya setelah beberapa tahun kembali terlewat dari terakhir aku nonton filmya aku bisa juga baca novel Ada Apa Dengan Cinta?
Novel Ada Apa Dengan Cinta? ini juga menjadi Novel pertama karya Kak Silvarani yang aku baca.

Ceritanya sih nggak jauh beda sama film, namanya juga adaptasi hehehe. Tapi seru juga kok, kalau di film kita langsung di suguhkan gambaranya, tapi disini otak kita yang bekerja mengabar adegan demi adegan dalam Novel. Seru kan?

Meski begitu ada juga beberapa adegan yang kalau di film wow banget, tapi disini biasa aja. Seperti tatapan Rangga waktu lihat Cinta satu mobil sama Borne. Beuhhh tatapan itu kan tatapan favorit aku, tapi sayang aku nggak menemukannya disini.

Dan perasaan aku aja, atau memang makan kacang rebus, Cinta dan Rangga nggak ada? Lalu waktu Rangga jailin Cinta di bawah pohon berembun.

Sayang banget menurut aku, karna itu menjadi salah-satu momen mereka berdua. Ada satu lagi sih, tapi takut salah nebak dan malah nyasar ke film lain wkwkw.

Kembali ke Novel, di Novel ini juga aku bisa tahu dengan jelas apa masalah Ayah Rangga. Dan yang pasti tulisan kak Silvarani tu bagus, enak dibaca, ceritanya juga mengalir tanpa hambatan. Cover cantik, bikin aku kangen sama filmya. Recomend deh buat anak remaja masa kini, baik yang suka tulisan kak Silvarani atau tidak. Coba aja dibaca pasti seru. Mana tahu setelah baca buku ini, semakin mengeratkan hubungan antara persahabatan, keluarga, cinta dan lain-lain.

Ngomong-ngomong setelah baca ini, aku tertarik nyoba baca tulisan Kak Silvarani yang lain.

Oke sampai disini saja, see di ulasan Novel selanjutnya.

Review Novel Larasaty Laras : STARRY NIGHT

Judul : Starry Nigth
Penulis : Larasaty Laras
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
ISBN : 978-602-02-9809-2
Tahun : 2016
Rank : 4,5 🌟

Sinopsis

Dru the most wanted bachelor tapi jomblo – itu kata teman-teman satu band Dru. Lebih menyukai suanan sepi dan menikmatinya.

Janina penyiar cantik yang punya mimpi begitu indah dan suka bernyanyi. Lebih menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam.

Setelah bertemu dua kali secara random dengan Janina- seorang penyiar radio yang wajah dan suaranya menawan hati, Dru yakin dia jatuh cinta pada wanita itu. Jalan Dru untuk memenangkan hati Janina tidaklah mudah: kenangan masanlalu Janina yang terus membayangi, belum lagi bapak Janina yang dingin dan tidak bersahabat. Akankah Dru mampu merebut hati Janina? Mampukah Janina melupakan kenangannya, dan menyakinkan hatinya memang untuk Dru?

Novel ini bercerita tentang Janina seorang penyiar Radio berusia 24 tahun. Suka keramaian dan memiliki masa lalu suram. Janina memiliki Bapak seorang pensiunan Angkatan Udara yang membuat hidupnya sejak kecil penuh hukuman. Baru setelah menyesesaikan masa SMA nya Janina berani mengambil suara dan menantang keputusan Bapaknya. Membuat hubungan yang memang tidak dekat menjadi semakin rengang. Lulus kuliah Janina memilih tinggal di rumah kos-kosannya dari pada harus tinggal bersama orang tuanya.

Dan Dru, anak pertama dari dua bersaudara. Lebih menyukai suasan sepi dari pada keramaian. Memiliki keluarga dan para saudara yang sangat dekat denganya. Vokalis band yang memiliki pemikiran simpel hingga nama band, fans dan kedai kopi-teh di namainya juga dengan simpel. Contoh Sunda Kelapa, Kota Koti.

Dua orang yang memiliki kepribadian berbeda, dua orang yang yang memiliki nasib berbeda dan dua orang yang di pertemukan tanpa sengaja.

Dru jatuh cinta pada suara dan wajah cantik Janina, tapi Janina memiliki masa lalu suram dan juga Bapak galak. Apa Dru mampu meluluhkan hati Janina dan Bapaknya?
Masalalu seperti apa yang pernah di alami Janina?

📚

📚

Aku suka novel ini, bahasa yang di pake asik, ceritanya mengalir. Dan saat Janina siaran aku seperti benar-benar sedang mendengarkan radio. Aku suka nama Janina, unik meski aku nggak ngerti artinya. Aku suka sifat Janina yang baik dan tegar. Dan Dru aku suka melihat cara Dru mendekati Janina, aku suka melihat Dru begitu menyayangi adik perempuanya. Aku suka hubungan kekeluargaan yang di miliki Dru dan para saudaranya.

Dari awal baca aja aku udah sempet nangis, dan semakin nangis baca kisah hidup Janina yang penuh lika-liku. Nggak biasanya di hubungan percintaan aku nangis tapi Janina dan Dru sukses buat aku nangis.

Novel ini recommend banget buat di baca, selain di suguhkan kisah Janina dan Dru yang indah kita juga bakal di beri tahu berbagai lagu-lagu dari band indie yang asik banget.

Ada satu hal, yang sedikit menganjal dari sikap Dru. Dru disini di gambarkan penyuka kesuyian tapi aku merasa aneh saat melihat Dru bisa berbaur dan bercanda dengan para sepupunya dan ada satu kejadian yang membuat aku berpikir kalau Dru itu nggak suka kesepian. Tapi itu semu nggak menguragi kesukaan aku sama novel ini.

Aku suka dan sedih saat Janina menegur Dru agar tidak menghilang atau melakukan hal lain saat Dru sedang berkumpul dengan para sepupunya. Kenapa aku sedih, karna aku teringat Janina yang tidak dekat dengan para sepupunya.

Sampai segini aja, yang mau aku bagi tentang Novel Starry Night ini. Sampai jumpa di novel selanjutnya.